Home Kesehatan Alhamdulillah! Kabar Gembira Untuk Penderita Batu Ginjal, Sekarang Penyembuhan Tak Perlu Operasi...

Alhamdulillah! Kabar Gembira Untuk Penderita Batu Ginjal, Sekarang Penyembuhan Tak Perlu Operasi dan Gratis

914
0
SHARE
Loading...

Beragamberita – RS Mardi Rahayu (RSMR) Kudus melaunching Trauma Center dan layanan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), Rabu (11-04-2018). Program baru kali ini salah satunya memperkenalkan cara penanganan penyakit batu ginjal dan saluran kemih melalui metode ESWL.

Dengan metode tersebut pasien penderita batu ginjal dan saluran kemih tidak harus melakukan operasi. “Pasien cukup berbaring saja tanpa dibius sambil menunggu alat bekerja secara otomatis menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut (shockwave),” jelas dokter spesialis urologi dr Christian Yoci.

Loading...

Bahkan alat ini mampu melacak jika batu ginjal bergeser dari titik semula. Selain itu risiko dari metode ini juga sangat kecil atau hampir bisa dikatakan tidak ada risiko. Hal itu disebabkan metode ini tidak melakukan operasi terhadap ginjal yang dapat mengurangi fungsinya.

Dikatakan Yoci, apabila ginjal dioperasi maka akan mengurangi 30 persen fungsinya. Jika hal itu dilakukan untuk yang kedua kalinya maka akan mengurangi lagi fungsi 30 persen. “Jika itu dilakukan sampai tiga kali maka bukan lagi mengoperasi ginjal, tapi tindakan yang dilakukan adalah mengangkat ginjal,” tuturnya.

Dia menerangkan, sekali penanganan membutuhkan waktu 45-60 menit, menyesuaikan besar kecilnya batu ginjal. Apabila batu ginjalnya masih kecil hanya membutuhkan sekali penanganan, namun apabila batu ginjalnya besar bisa dua kali penanganan.

“Setelah dilakukan penanganan pertama, bagi pasien yang batu ginjalnya besar akan diberikan waktu dua minggu untuk tindakan yang kedua. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan pecahannya keluar dulu,” tukas Yoci.

Pada kesempatan itu Yoci juga menunjukkan secara langsung penanganan pasien penderita batu ginjal asal Grobogan, yang sedang dalam penanganan menggunakan ESWL. Terlihat pasien tersebut masih sadar dan tidak merasakan kesakitan sama sekali. Masih bisa berbicara dengan keluarga yang menungguinya.

“Kelebihan ESWL keluarga bisa menunggu saat penanganan. Pasiennya juga bisa langsung pulang alias rawat jalan. Efek sampingnya di rumah pasien akan mengalami kencing darah karena batunya pecah dan itu tidak berbahaya,” bebernya.

Di tempat yang sama Direktur Utama RSMR dr Pujianto mengatakan, program ini adalah terobosan pihaknya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya warga Kudus. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program ini tidak perlu khawatir terkait biaya.

Sebab program ini sudah didukung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui program jaminan kesehatan nasional (JKN). “Bagi yang memiliki BPJS akan dilayani secara gratis bila memenuhi syarat dan ketentuan BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu terkait trauma center merupakan salah satu dari tiga pusat unggulan layanan dari RSMR dan mengacu konsep Trauma Center menurut American Collage of Surgeons (ACS). Untuk pasien kecelakaan kerja pembiayaan layanan trauma center juga telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Tak hanya itu bagi pasien yang mengalami kecelakaan lalu lintas pihaknya telah menggandeng Jasa Raharja. Sehingga pembiayaan diharapkan tidak membebani pasien. “Kami berharap dengan dua layanan baru ini dapat membantu masyarakat dalam penanganan kesehatan,” pungkasnya.

Tolong teman Beragamberita bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here